Cara Buat Bingkai Foto dari Kardus

Hello Kawan Mastah! Bingkai foto adalah salah satu aksesori yang bisa membuat tampilan foto jadi lebih menarik dan elegan. Bagi kalian yang ingin mencoba membuat bingkai foto sendiri, kali ini kami akan berbagi tips cara membuat bingkai foto dari kardus secara sederhana dan mudah dilakukan di rumah.

1. Persiapan Bahan dan Alat

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto dari kardus cukup sederhana dan mudah didapatkan, yaitu:

Kardus bekas
Alat pemotong
Lem tembak
Gunting
Kertas kado
Pensil
Penggaris
Kaca bening
Kain lap

Setelah semua bahan dan alat sudah tersedia, langkah selanjutnya adalah melakukan penandaan pada kardus sesuai dengan ukuran foto yang akan dijadikan bingkai.

2. Penandaan Pada Kardus

Untuk membuat bingkai foto dari kardus, langkah awal yang perlu dilakukan adalah penandaan pada kardus. Lakukan penandaan pada kardus dengan ukuran sesuai dengan ukuran foto yang akan dijadikan bingkai.

Setelah penandaan selesai, gunakan alat pemotong untuk memotong kardus sesuai dengan ukuran yang sudah ditandai sebelumnya.

3. Membuat Bagian Depan dan Belakang Bingkai

Setelah kardus berhasil dipotong, langkah selanjutnya adalah membuat bagian depan dan belakang bingkai menggunakan kardus yang sudah dipotong tadi.

Cara membuatnya cukup sederhana, yaitu dengan mengukur dan memotong kardus sesuai dengan ukuran gambar yang akan ditempelkan pada bagian depan bingkai. Setelah itu, tempelkan kertas kado pada bagian depan bingkai menggunakan lem tembak.

Untuk bagian belakang bingkai, tempelkan kain lap pada kardus bekas yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran bingkai yang sudah ditandai sebelumnya. Pastikan bagian belakang bingkai sudah rapi dan tidak mudah terkelupas.

4. Menempelkan Kaca Bening

Setelah bagian depan dan belakang bingkai sudah jadi, langkah selanjutnya adalah menempelkan kaca bening pada bagian depan bingkai. Tempatkan kaca bening di tengah-tengah bagian depan bingkai dan pastikan kaca bening benar-benar rata.

Selanjutnya, beri lem tembak pada bagian tepi kaca bening dan tempelkan pada bagian depan bingkai. Pastikan kaca bening sudah benar-benar menempel dan tidak mudah terlepas.

5. Menyelesaikan Bingkai Foto

Langkah terakhir dalam membuat bingkai foto dari kardus adalah menyelesaikan bingkai dengan menyatukan bagian depan dan belakang bingkai yang sudah jadi. Tempatkan kain lap pada bagian belakang bingkai dan jepit dengan menggunakan penjepit kayu.

Setelah itu, bingkai foto dari kardus sudah jadi dan siap digunakan untuk memperindah foto kalian.

FAQ

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto dari kardus?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai foto dari kardus antara lain kardus bekas, kaca bening, lem tembak, gunting, kertas kado, pensil, penggaris, dan kain lap.

2. Apa langkah pertama dalam membuat bingkai foto dari kardus?

Langkah pertama dalam membuat bingkai foto dari kardus adalah melakukan penandaan pada kardus sesuai dengan ukuran foto yang akan dijadikan bingkai.

3. Apa yang harus dilakukan setelah kardus berhasil dipotong sesuai dengan ukuran yang sudah ditandai sebelumnya?

Setelah kardus berhasil dipotong sesuai dengan ukuran yang sudah ditandai sebelumnya, langkah selanjutnya adalah membuat bagian depan dan belakang bingkai menggunakan kardus yang sudah dipotong tadi.

4. Bagaimana cara menempelkan kaca bening pada bagian depan bingkai?

Cara menempelkan kaca bening pada bagian depan bingkai cukup mudah, yaitu dengan memberi lem tembak pada bagian tepi kaca bening dan menempelkan pada bagian depan bingkai. Pastikan kaca bening sudah benar-benar menempel dan tidak mudah terlepas.

5. Apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan bingkai foto dari kardus?

Untuk menyelesaikan bingkai foto dari kardus, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah menyatukan bagian depan dan belakang bingkai yang sudah jadi. Jepit bagian belakang bingkai dengan menggunakan penjepit kayu agar bingkai tidak mudah terlepas.

Cara Buat Bingkai Foto dari Kardus